"Liyep-liyep" di Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep
-SA-
     Pantai yang satu ini telah lama menjadi ikon wisata pantai di Kabupaten Malang selain Sendang Biru dan Balekambang. Pantai Ngliyep memang sudah dikenal oleh masyarakat baik dari kawasan Malang itu sendiri maupun diluar kawasan Malang. Pantai ini menyimpan banyak spot keindahan yang menjadikan pantai ini unik dan memiliki suasana yang berbeda dari pantai - pantai lain yang ada di Kabupaten Malang. Terlebih lagi, pantai yang disembunyikan oleh lebatnya hutan tropis ini dapat ditempuh sekitar 1.5 - 2 jam saja dari Kota Malang.
Ombak Pantai Ngliyep, terkadang pelan, terkadang ganas
-SA-
     Pantai Ngliyep menyajikan suasana yang berbeda dari pantai - pantai lainnya. Pantai ini memiliki pemandangan pesisir yang indah. Pantai ini dikelilingi oleh gunung kapur dan rerimbunan pepohonan hutan tropis yang membuat pantai ini sejuk. Deburan ombak di pantai ini juga cenderung pelan, meskipun pada beberapa waktu akan menjadi ganas. Selain itu anda juga bisa menikmati angin pesisir yang sepoi - sepoi yang dapat membuat anda  liyep - liyep (mengantuk), sesuai dengan nama pantai ini, Pantai Ngliyep.

Ayunan di pinggir pantai
-SA-
     Pantai Ngliyep terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini dapat dijangkau baik dari arah Malang maupun Blitar. Jika dari Malang, anda tinggal mengikuti jalan menuju arah selatan, karena plang / tanda menuju pantai ini sudah sangat jelas. Namun jika anda dari Blitar, anda harus menuju ke Bendungan Karangkates terlebih dahulu dan kemudian melewati jalan menuju arah Kalipare / Donomulyo. Akses menuju pantai ini dapat dibilang mudah, karena jalan menuj pantai ini sudah diaspal dengan bagus. Jika anda sedang tidak ingin naik kendaraan pribadi, anda bisa mencapai pantai ini menggunakan angkot GN (Gadang - Ngliyep) dari Terminal Gadang (Hamid Rusdi). Angkot GN memiliki dua trayek, yakni GN 1 yang melewati Donomulyo, dan GN 2 yang melewati Pagak. 

Air di Pantai Ngliyep yang jernih
-SA-
     Pantai Ngliyep memiliki air yang jernih dan cenderung tenang pada beberapa waktu, namun bagi anda yang ingin berenang di pantai harus waspada terhadap keadaan air dan mematuhi arahan yang disampaikan oleh petugas yang ada di sana. Bagi anda penggemar camping, mungkin anda harus mencoba untuk bermalam di kawasan ini, merasakan suasana pesisir yang tenang sambil menghidupkan api unggun mungkin patut untuk dicoba.

Kawasan hutan bakau Pantai Ngliyep
-SA-
     Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, pantai yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini memiliki areal parkir yang sangat luas dan banyak warung - warung yang berjualan di pinggir pantai. Selain itu juga tersedia beberapa penginapan di sekitar pantai bagi anda yang ingin lebih lama melepas penat anda di pantai ini. 
Suasana di Pantai Ngliyep cocok untuk melepaskan penat
-SA-
      Sama halnya dengan pantai - pantai lainnya di Malang selatan, setiaptanggal 14 Maulud, pantai ini akan menjadi lebih ramai dari biasanya karena di pantai ini diadakan upacara Labuhan. Upacara ini merupakan upacara selamatan masyarakat Jawa yang biasanya dilakukan dengan menyembelih hewan kurban (sapi atau kambing) untuk dimakan bersama. Selain itu, masyarakat juga akan mengarak sesaji yang akan dilarung menuju laut. 
Pantai Ngliyep yang teduh
-SA-

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa