Pantai Ungapan : Keindahan yang Tak Bisa Dilewatkan

Pantai Ungapan di pagi hari
-SA-
     Jajaran Pantai Malang Selatan memang tidak ada habis - habisnya untuk dikunjungi. Setelah di beberapa kesempatan sebelumnya saya mengunjungi Pantai Malang Selatan mulai dari Jolangkung hingga Banyu Anjlok, kini saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi pantai yang masih satu rangkaian dengan Pantai Bajul Mati, yakni Pantai Ungapan. Pantai ungapan adalah rangkaian pantai paling timur dar Pantai bajul Mati. Pantai ini memiliki akrakteristik yang kurang lebih sama dengan Pantai Bajul Mati, hanya saja pantai ini tidak lurus menghadap ke selatan seperti Pantai Bajul Mati ataupun Pantai Jolangkung, namun lebih miring menghadap ke arah barat daya.

Ombak Pantai Ungapan tergolong besar
-SA-
     Pantai Ungapan masih berada dalam lingkup wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Rute menuju pantai ini juga sama dengan rute menuju Pantai Bajul mati, hanya saja gerbang masuk pantai ini berada lebih dekat jaraknya dengan Jembatan Sungai Bajul Mati. Pantai ini memiliki keadaan ombak yang tergolong besar, sehingga pengelola setempat memasang tanda larangan untuk berenang di pantai. Namun bagi anda yang ingin bermain air tidak usah khawatir, pasalnya di bagian timur pantai ini terdapat muara Sungai Bajul Mati yang memiliki keadaan air yang tenang dan relatif dangkal. Bagi anda yang kesulitan berenang, di pantai ini juga disewakan ban pelampung yang disewakan seharga Rp. 5000,- sekali sewa.

Muara Sungai Bajul Mati memiliki keadaan air yang tenang
-SA-
     Pantai Ungapan dikelola oleh Perum Perhutani, dimana untuk masuk ke dalam pantai ini, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-. Pantai ini memiliki fasilitas penunjang wisata berupa toilet, pondok - pondok kecil di pinggir pantai yang bisa anda gunakan untuk berteduh selagi menikmati semilir angin pantai, dan warung penjual makanan. Di pantai ini anda juga akan ditawari untuk menaiki perahu menyusuri Sungai Bajul Mati hanya dengan biaya sebesar Rp. 50.000,-/perahu sekali jalan.

Penelusuran Sungai Bajul Mati #1
-SA-
     Penelusuran Sungai Bajul Mati dimulai dari muara yang berdekatan dengan Pantai Ungapan. Di sisi kiri - kanan aliran sungai ini anda akan menmukan barisan Pohon Bakau, Nipah, dan tanaman tropis lainnya seperti Pisang dan Palem. Jika anda beruntung, anda dapat menemukan biawak yang sedang berenang di tepian sungai, atau tupai kekes yang berlarian di cabang pepohonan. Perjalanan berputar - putar menggunakan perahu ini dilakukan selama kurang lebih 15 menit. 

Penelusuran Sungai Bajul Mati #2
-SA-
      Nama Ungapan yang diberikan pada pantai ini merujuk pada kata dalam Bahasa Jawa yang berarti "Hilir" atau "Muara Sungai", diberikan karena pantai ini memang berdekatan dengan muara sungai. Pantai ini memiliki pemandangan yang asri dengan hijau rerumputan dan pepohonan, mengingatkan saya ketika berada di Tanjung Benoa. Mungkin yang membuat berbeda hanyalah jika di Tanjung Benoa anda akan menukan jajran hotel dan resort megah, disini anda akan menemukan barisan gunung kapur yang menghadap ke pantai.
Pemandangan Pantai Ungapan yang asri
-SA-


Comments

Popular posts from this blog

Moorish Idol : Populer di Kalangan Hobiis

Jenis Ikan di Indonesia yang Dilindungi

Bagaimana Cara Burung Laut Memperoleh Makanan ?