Pantai Pandawa : Pantai Rahasia yang Mulai Terkuak

Pantai Pandawa menjelang Sore
-SA-
     Belakangan ini, nama Pantai Pandawa memang cukup banyak dibicarakan di kalangan wisatawan domestik. "Pantai rahasia" yang satu ini banyak diperbincangkan karena menyimpan keindahan yang tidak kalah dengan pantai - pantai lainnya di Pulau Dewata yang terlebih dahulu terkelola. Karena itu, saya menyempatkan diri untuk mampir ke pantai ini ketika saya berada di Bali untuk mengetahui keindahan Pantai Pandawa ini. 
Jalan menuju Pantai Pandawa
-SA-
     Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung yang beraa sekitar 18 km selatan Bandara Ngurah Rai. Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai menuju tempat ini memakan waktu sekitar 45-60 menit, tergantung pada kondisi kepadatan lalu lintas. Pantai ini memang layak disebut sebagai "Pantai Rahasia" karena memang letaknya yang berada di balik perbukitan kapur. Pada sisi bukit kapur yang terjal itu terdapat tanda "Pantai Pandawa" yang dapat terlihat dari kejauhan dan juga terdapat enam patung tokoh pewayangan, yakni Dewi Kunti, Dharmawangsa (Yudhistira), Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa secara berurutan dari posisi tertinggi.  

Salah satu patung Pandawa yang ada di pantai ini (Arjuna)
-SA-
     Bagi anda yang ingin menikmati pantai ini akan dikenakan biaya Rp. 2000,- per orang dan Rp. 1000,- per motor (karena pada waktu itu saya masuk menggunakan sepeda motor). Pantai ini cocok bagi anda yang ingin lari dari hiruk-pikuk kota dan ingin menikmati ketenangan di atas pasir yang putih dan jauh dari polusi dan keramaian. Keadaan air di pantai ini cenderung tenang, sehingga anda dapat berenang di pantai ini. Fasilitas lain yang tersedia di pantai ini adalah kano, yang bisa anda sewa seharga Rp. 15.000,- yang dapat anda bawa berputar - putar di pantai ini. Selain itu bagi anda yang hobi Surfing atau Paralayang juga harus mencoba melakukan olahraga itu disini. Atau mungkin anda hanya ingin berjemur dan menikmati udara pantai ini yang tenang ?.
Sudut lain Pantai Pandawa
-SA-
    Pantai ini memiliki fasilitas pendukung wisata yang terbilang cukup lengkap. Jalan menuju pantai ini sudah diaspal dengan bagus, sehingga memudahkan akses bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Tempat parkir di pantai ini pun cukup luas dan dapat menampung rata - rata pengunjung tempat ini setiap harinya.  Selain itu, bagi anda yang haus ataupun lapar tidak usah khawatir, karena di pinggir pantai ini terdapat banyak warung penduduk yang menjual makanan dan minuman. Di tempat ini juga disewakan kursi pantai bagi anda yang ingin bersantai dan menikmati suasana Pantai Pandawa.

Ombak yang tenang di Pantai Pandawa
-SA-

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"