Blue-streak Cleaner Wrasse : Dokternya Hewan Laut

Bluestreak cleaner wrasse (Labroides dimidiatus)
-reefguide.org-
     Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang mampu menopang berbagai jenis kehidupan laut. Ribuan spesies ikan juga hidup dalam ekosistem tersebut. Dimana masing-masing jenis ikan tentunya memiliki peran tersendiri di dalam pola keseimbangan ekosistem terumbu karang. Selain itu, satu jenis ikan pasti akan melakukan hubungan timbal-balik dengan jenis ikan yang berbeda. Tidak terkecuali ikan Cleaner Wrasse (Labroides). Ikan ini melakukan hubungan timbal-balik (simbiotik) dengan ikan-ikan lain, dimana ikan ini akan 'membersihkan' ektoparasit yang menempel pada tubuh ikan yang lebih besar. Sebagai imbalannya, ikan-ikan pembersih akan memperoleh nutrisi dari parasit yang dimakan. Hubungan tersebut juga menunjukkan hubungan yang saling menguntungkan (mutualisme) diantara ikan-ikan penghuni terumbu karang.

Blue-streak Cleaner Wrasse membersihkan insang ikan Kerapu (Epinephelus sp.)
-cdn1.arkive.org-

   Genus Labroides terdiri dari lima spesies, yakni L. bicolor, L. dimidiatus, L. pectoralis, L. phitirophagus, dan L. lubrolabiatus. Salah satu yang paling umum dijumpai adalah ikan dari spesies L. dimidiatus yang dapat dikenali melalui tubuhnya yang memanjang didominasi warna biru di bagian badan hingga ekor, kuning di bagian kepala dengan strip hitang memanjang di tubuhnya. ikan ini juga ditemukan berkerumun dengan ikan pembersih dari jenis lain. Ikan ini memakan ektoparasit ikan-ikan besar yang berupa krustasea berukuran kecil, selain itu ikan ini juga memakan jaringan mati dan mucus (lendir) yang dikeluarkan oleh ikan. Spesies ini tersebar hampir di semua perairan tropis di dunia, tetnunya yang memiliki ekosistem terumbu karang di dalamnya. Karena sifatnya sebagai ikan pembersih, ikan ini juga populer di kalangan hobiis ikan air laut, sehingga seringkali ditemukan sebagai penghias akuarium.

Bersama-sama membersihkan ikan Oriental Sweetlips (Plectorhinchus vittatus)
-cdn.c.photoshelter.com-

     Jenis ikan ini umumnya hidup berkelompok dan mendiami daerah terumbu karang. Ikan-ikan ini juga membentuk stasiun pembersihan (Eng : Cleaning station), dimana ikan-ikan besar yang berada di daerah tersebut ikan akan disambangi oleh ikan cleaner wrasse. Ikan yang ingin dibersihkan akan memberikan tanda spesifik bagi ikan pembersih. Biasanya ikan-ikan besar akan berdiam diri selagi membuka mulutnya ataupun insangnya. Ketika sekelompok ikan pembersih mengetahui "kode" ini, maka ikan pembersih akan memulai melakukan "perawatan kebersihan". Ketika proses pembersihan, ikan ini akan berenang mengelilingi tubuh ikan kliennya, memakan parasit yang ada pada sela sisik, sirip, dan insangnya. Ikan ini terkadang juga masuk ke dalam mulut ikan besar dan membersihkan sela-sela giginya. Ikan ini tidak pernah terlihat terluka ataupun dimakan oleh ikan dibersihkan, meskipun ikan yang dibersihkan adalah ikan predator. Keberadaan ikan predator tersebut justru menjadi perlindungan bagi ikan pembersih dan terumbu karang yang berada di sekitarnya.

     Keberadaan ini tentunya sangat menguntungkan bagi ikan-ikan lain yang berada dalam ekosistem terumbu karang. Suatu contoh sistem interaksi timbal-balik saling menguntungkan di dalam ekosistem tersebut. Dimana ikan-ikan besar mendapatkan perawatan sehingga bebas dari parasit, sedangkan ikan-ikan kecil mendapatkan nutrisi dan perlindungan dari pemangsa.

Further reading :
Arkive-Blue-streak cleaner wrasse
IUCN Redlist-Labroides dimidiatus
Wikipedia-Bluestreak Cleaner Wrasse

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa