¿Cómo estás Bangsring ?

Bangsring Underwater
-SA-
     Mungkin saat ini terhitung sudah sekian lama sejak kunjungan perdana saya ke Pantai Bangsring. Beberapa waktu lalu, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini kembali (tentunya dengan membawa kamera underwater yang biasanya selalu ketinggalan -_-) dengan tujuan untuk melakukan survey dan dokumentasi. Jika di tulisan sebelumnya Pantai Bangsring masih menjadi pantai yang relatif sepi dari wisatawan. Hal yang berbeda terjadi belakangan ini, kini setiap hari pantai ini selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan baik itu dari sekitar Banyuwangi maupun dari daerah yang jauh. Dalam tulisan ini saya akan mencoba menceritakan tentang dunia bawah air yang ada di pantai ini yang tidak sempat terekam pada kunjungan pertama saya dulu.
Kondisi terumbu karang di Pantai Bangsring dengan ikan karangnya
-SA-
     Mungkin tak perlu lagi bagi saya untuk menjelaskan pantai ini secara detail kepada anda (karena tulisan saya yang dahulu sudah menceritakannya :D ). Pantai Bangsring dapat dikatakan memiliki perkembangan yang sangat cepat. Saat ini Pantai Bangsring memiliki fasilitas penunjang wisata yang cukup baik, adanya warung di pinggir pantai, kamar mandi umum, jasa penitipan kendaraan, dan jasa persewaan alat snorkelling dan diving sudah lebih dari cukup untuk memanjakan wisatawan yang datang menuj tempat ini. Ditambah lagi sajian alam khas Pantai Bangsring yang tersembunyi di balik biru perairannya. 

Karang Meja seperti ini umum ditemukan di Pantai Bangsring
-SA-
     Di kunjungan ini kebetulan saya membawa kamera underwater (tidak disebutkan merknya) agar dapat menyajikan view terbaik yang kami dapatkan dan membaginya kepada para pembaca. View yang saya ambil kira - kira berada pada kedalaman antara 1 - 3 meter, karena foto ini diambil pada saat saya melakukan snorkelling. Tantangan sebenarnya ketika anda mengambil foto bawah air di Pantai Bangsring adalah pada saat air pasang. Seringkali air pasang akan menimbulkan arus yang mengganggu kestabilan kamera saat akan memotret objek di dalam air, sehingga gambar yang ditangkapakan tidak sempurna. Saya sarankan bagi anda untuk bersabar dan menunggu air surut dan lakukan pengambilan gambar ketika perairan cerah untuk mendapatkan hasil terbaik. 
Terumbu buatan yang dipasang di sekitar Pantai Bangsring
-SA-
     Mungkin anda akan menghabiskan waktu yang cukup lama ketika mengambil gambar di pantai ini. Karena, objek yang ada di kawasan ini sangatlah beragam, anda akan menemukan karang dengan berbagai bentuk, mulai dari karang meja yang tumbuh melebar hingga karang massive dengan ukuran yang besar, yang juga memiliki beragam warna. Di sela - sela terumbu karang anda akan menemukan ikan karang yang berwarna - warni dan tidak akan menjauh meskipun anda dekati.  Selain itu, terdapat struktur buatan seperti terumbu buatan (artificial reef) yang dipasang di sekitar pantai itu sebagi tempat berlindungnya ikan. Jadi jangan takut tidak menemukan objek yang dapat diambil gambarnya di tempat ini, karena anda akan bingung memilih objek mana yang harus anda ambil terlebih dahulu.
Pernah sedekat ini dengan hiu ?
-SA-
     Bagi anda yang ingin sedikit menguji nyali (yang dimaksud uji nyali disini bukan seperti anda ditinggal di dalam ruangan yang gelap dnegan hanya ditemani oleh sebatang lilin) mungkin harus mampir menuju struktur bangunan baru yang ada di tempat ini. Bangunan itu adalah rumah apung yang berada persis di depan Pantai Bangsring. Rumah apung ini memiliki beberapa karamba jaring yang digunakan sebagai karamba pembesaran lobster air laut. Namun, di salah satu karamba itu terdapat sesuatu yang unik, yakni karamba tersebut berisi beberapa ekor hiu sirip hitam (Carcharhinus melanopterus)  yang dapat anda ajak untuk berfoto bersama. Pertanyaannya adalah "apakah anda tertantang untuk mencoba ?".

Bentangan terumbu karang dengan biota lautnya
-SA-
     Mungkin cukup sekian cerita saya mengenai pengalaman mengamati dunia bawah laut di tempat yang menakjubkan ini. Indonesia (Khususnya Jawa Timur) sebenarnya masih memiliki banyak spot panorama bawah laut yang masih menunggu untuk diangkat keberadaannya. Setiap tempatnya pasti memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang dapat membuat pengalaman kunjungan anda berubah menjadi sebuah cerita. 

Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya
¡Adiós amigos! ...
¡Ustedes son magníficos! ...

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa