Pantai Bangsring dan Pulau Tabuhan : Melayang di Atas Hutan Terumbu Karang

Pantai Bangsring dengan airnya yang jernih
-SA-
     Pantai Bangsring adalah suatu pantai kecil yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini persis terletak di Selat Bali yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Berbeda dengan pantai lainnya di Banyuwangi, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, dipadukan dengan air lautnya yang jernih, hingga ketika kita berada di tepi pantai kita bisa melihat ke dalam air yang dipenuhi oleh jajaran batu karang. Pantai ini juga relatif dangkal dengan ombak yang tidak membahayakan. Tepian pantai ini ditumbuhi oleh tanaman pingir laut seperti waru laut dan tapak kuda (Ipomoea pes-caprae) yang tumbuh secara liar, maupun cemara udang yang sengaja ditumbuhkan untuk tujuan konservasi.


Larangan yang ada di Pantai Bangsring
-SA-
     Pantai ini menjadi pusat kegiatan konservasi masyarakat sekitar yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Ikan Hias (KNIH) Samudera Bakti. Melalui forum tersebut, masyarakat membentuk Zona Pemeliharaan Bersama (ZPB) di Pantai Bangsring sebagai usaha untuk mengkonservasi sumber daya laut yang ada di daerah tersebut. Masyarakat yang tergabung dalam KNIH Samudera Bakti, bersama dnegan elemen masyarakat lainnya telah melakukan berbagai kegiatan konservasi di pantai tersebut, seperti translplantasi terumbu karang, penanaman bibit cemara, pembuatan rumah ikan (fish apartement) hingga pelepasan tukik dan restocking (pelepasan bibit ikan). Terbukti dengan adanya kegiatan tersebut, kelimpahan terumbu karang dan sumber daya ikan di daerah tersebut meningkat, sehingga mampu menunjang mata pencaharian masyarakat sekitar yang umumnya bekerja sebagai nelayan ikan hias.

Pantai Bangsring yang masih sepi
-SA-
      Pantai ini memiliki perairan yang cocok bagi para penikmat kehgiatan snorkling. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang dengan tingkat kecerahan air yang tinggi, belum lagi dunia bawah laut pantai ini menyimpan hamparan karang dengan berbagai bentuk dan beragam jenis biota yang mendiaminya. Ketika anda menceburkan diri ke dalam air dan berenang beberapa meter menuju laut, anda akan disambut oleh ekosistem terumbu karang yang tumbuh di dalam air yang tergolong dangkal. Beragam jenis karang dengan berbagai ukuran tumbuh dengan baik di pantai ini, dihiasi dnegan warna - warni ikan hias yang berenang kesana-kemari. Keindahan bawah laut pantai ini terdengar hingga ke mancanegara, terbukti tempat ini beberapa kali dikunjungi oleh WWF dan National Geographic yang meliput tentang keindahan yang berada di tempat ini.

Tidak ada bintang laut yang terluka pada proses pengambilan gambar ini
-SA-
     Untuk menuju pantai ini, anda tinggal mengikuti jalan raya Situbondo-Banyuwangi dan ketika sampai di Desa Bangsing terdapat belokan yang mengarah menuju jalanan kecil yang kiri - kanannya dipenuhi oleh ladang jagung. Sekitar dua kilometer kemudian anda akan sampai di pantai ini. 

Pulau Tabuhan nampak dari kejauhan
-SA-
     Pantai Bangsring bukan satu - satunya tempat yang saya kunjungi ketika berada di Banyuwangi. Saya juga diberi kesempatan untuk mengunjungi Pulau Tabuhan yang terletak di utara Selat Bali. Pulau kecil ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor selama kurang lebih 30 menit. Pulau kecil ini hanya dihuni oleh kawanan burung laut, dan biasanya dikunjungi secara berkala oleh wisatawan yang memiliki hobi camping.

Ditto, diambil dari sudut yang berbeda
-SA-
      Berbeda dengan Pantai Bangsring, ombak di pantai ini bisa dibilang cukup besar apabila mendekati pertengahan hari. Sehingga, para penikmat snorkel dianjurkan untuk berhati - hati. Meski demikian, air disekitar pantai ini juga cukup jernih, dari permukaan anda bisa memandang jajaran terumbu karang, meskipun masih terbiaskan oleh riak - riak air. Perairan di sekitar pantai ini juga relatif dangkal dnegan rata - rata kedalaman 10 - 15 meter. 
     
Hamparan Terumbu Karang dan Ikan Hias
-Dokumentasi KNIH Samudera Bakti-
     Tidak kalah dengan Pantai Bangsring, Pulau Tabuhan juga memiliki hamparan terumbu karnag yang luas dan tumbuh rapat bak hutan belantara yang terendam oleh air laut. Dari atas akan nampak jelas berbagai karang tumbuh berdampingan satu sama lain, dengan sejumlah besar koloni ikan karang yang melintas di atasnya. Ketika berenang di atas wilayah ini membuat anda seolah - olah dibawa terbang di atas dunia terumbu karang. 

Siapa yang tidak kenal dengan ikan ini ?
-SA-
     Memang belum banyak aktivitas wisatawan, karena memang tempat ini belum dibuka sebagai situs wisata. Namun, bagi anda pecinta konservasi anda bisa merapat menuju tempat ini untuk belajar bagaimana melestarikan ekosistem terumbu karang dengan metode transplantasi, maupun hanya sekedar wara - wiri snorkelling untuk melihat keindahan alam yang disuguhkan di wilayah ini.

Dunia bawah laut
-Dokuentasi KNIH Samudera Bakti-

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"