Ular Laut : Si Pemalu yang Berbisa

Aipysurus laevis dengan Penyu Lepidochelys olivacea dan ikan Labroides dimidiatus
-4.bp.blogspot.com-
    Ular laut adalah sebagian dari kelompok besar reptil yang telah beradaptasi untuk hidup di lingkungan laut. Hewan ini telah sepenuhya hidup di lingkungan laut, meskipun ular dari genusLaticauda masih bisa beraktivitas secara terbatas di daratan. Ular laut memiliki ekor berbentuk dayung yang memudahkannya untuk melakukan manuver di dalam air, selain itu ular laut juga memiliki katup di lubang hidungnya yang akan menutup saat hewan ini berada di dalam air. Ular ini juga memiliki paru - paru yang bisa mengembang hingga sepanjang tubuhnya. Dengan mekanisme ini, ular laut dapat menahan nafas di dalam air hingga dua jam lamanya. Selain itu, paru-paru hewan ini juga berfungsi sebagai alat pengatur keseimbangan (buoyancy) ketika berada di dalam air.


Pelamis platurus, ular laut memiliki lokomosi yang terbatas di daratan
-cdn1.arkive.org-
     Ular ini terdiri atas tujuh belas genera dan enam puluh dua spesies yang tersebar di pantai tropis di seluruh dunia, Ular ini kebanyakan mendiami perairan dangkal dan hangat yang dekat dengan daratan, dan bahkan ular laut juga dapat ditemukan di daerah muara sungai dan estuari. Ular laut memakan ikan dan balut laut sebagai mangsa utamanya, meskipun ular ini juga memakan moluska dan udang. Ular ini menggunakan taringnya untuk mencengkeram mangsa, dan kemudian melebarkan mulutnya untuk menelan mangsanya bulat - bulat. Predator alami dari ular laut kebanyakan adalah ikan yang lebih besar, burung laut, dan buaya muara.

Astrotia stokesii dan perbandingan ukurannya dengan manusia dewasa
-fowlisbyrne.files.wordpress.com-
     Umum diketahui bahwa usemua jenis ular laut memiliki bisa yang sangat berbahaya. Bayangkan, hanya tiga tetes bisa ular laut dapat membunuh sekitar delapan puluh manusia dewasa !. Meskipun demikian, ular laut adalah hewan yang pemalu dan lebih memilih untuk menjauh dari keberadaan manusia. Ular ini tidak akan menggigit kecuali jika benar - benar merasa terancam. Meski demikian, taring ular laut yang pendek bahkan tidak dapat menembus wetsuit para penyelam. Ular laut dewasa memiliki ukuran rata - rata 120 hingga 150 cm, dengan spesiemen terpanjang memiliki panjang hingga 3 meter.

Laticauda colubrina : paling mudah dijumpai
-www.kilili.com-
     Sebuah studi menemukan bahwa ular laut tidak meminum air laut. Ular laut, sama dengan ular yang ada di darat, tetap membutuhkan air yang tawar sebagai air minum. Ular laut dapat memperoleh air tawar dari lapisan air tawar yang melayang di permkaan air laut ketika atau setelah hujan, sebelum lapisan teresebut bercampur dengan lapisan air yang asin di bawahnya. Selain itu, ular laut memilih hidup di perairan yang relatif tenang karena lapisan air tawar di daerah tersebut akan tahan lebih lama sebelum bercampur dengan air laut sebagai akibat dari pergerakan air. Hal ini menjelasakan mengapa pada perairan yang tenang, ular laut ditemukan berkelompok hingga jumlah ratusan. 

Hydrophis ornatus berenang di permukaan
-cdn2.arkive.org-
     Ular laut bersifat ovovivipar, yang berarti ular laut akan bertelur, namun telurnya akan dierami secara internal (di dalam tubuh), sehingga seolah - olah ular ini melahirkan anaknya di dalam air. Beberapa jenis dari genus Laticauda, masih mempertahankan cara reproduksi dari leluhurnya yang ada di darat, yakni dengan cara ovipar. Ular dari genus Laticauda akan meletakkan telur - teluranya di sela terumbu karang maupun celah-celah batuan. 
Aipysurus eydouxii dengan mekanisme pertahanan dirinya (berpura-pura sakit/mati)
-www.wildsingapore.com-
    Ular laut akan lebih sering mengganti kulitnya daripada ular yang ada di darat. Ular ini akan rutin mengganti kulitnya sekitar 2 dua minggu sekali. Dengan mengganti kulitnya secara berkala, ular laut dapat mencegah organisme laut seperti teritip agar tidak tumbuh di kulitnya. Meskipun teritip tidak menyedot darah ular laut, namun keberadaannya justru akan menyulitkan pergerakan ular laut saat berenang. Sehingga dengan mekanisme ini, ular laut bisa membersihkan dirinya dari parasit maupun organisme lain.

Jenis  Lain :
Laticauda laticaudata, berkerabat dekat dengan Laticauda colubrina

Further Reading :

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"