Mengenal Lamun yang Tumbuh di Perairan Indonesia

Lamun tumbuh dalam keadaan terendam
-floridakeys.noaa.gov-
     "Lamun" adalah sebutan bagi satu-satunya tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang berkoloni di lingkungan laut. Dalam Bahasa Inggris, lamun disebut dengan Seagrass, hal ini seringkali menimbulkan kebingungan pada masyarakat awam, yang salah mengartikannya sebagai rumput laut (Seaweed). Lamun hidup di sebagian besar perairan dangkal di seluruh dunia. Lamun adalah makanan utama bagi dugong dan penyu, serta menjadi tempat hidup berbagai organisme lain yang lebih kecil, seperti ikan, teripang, kepiting, dan udang-udangan yang memiliki nilai ekonomis bagi manusia. 


     Lamun adalah tumbuhan yang unik, dimana ia dapat umbuh dalam keadaan terbenam air laut yang asin, serta dapat tahan dari gempuran ombak dan arus. Lamun memiliki struktur akar yang terbenam di dalam sedimen, yang selanjutnya akan disebut sebagai rhizome. Rhizome ini berfungsi untuk merekatkan lamun kepada substratnya agar ia bisa tetap tumbuh, selain itu rhizome juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan lamun. Di sisi lain, rhizome yang dibentuk oleh padang lamun mampu menangkap dan menahan sedimen yang ada di dasar laut, sehingga dapat melindung pantai dari abrasi dan sedimentasi. Lamun juga berfungsi sebagai penjernih perairan, dimana lamun akan menyerap dan menyaring nutrien hasil proses dari daratan, dan sistem perakarannya mampu menjaga sedimen agar tidak teraduk oleh pergerakan air, sehingga air dapat tetap terjaga kejernihannya.  

Lamun menjadi habitat bagi ikan yang memiliki nilai ekonomis
-www.scubatravel.co.uk-
     Lamun bereproduksi dengan dua cara, yakni generatif dan vegetatif. Secara generatif, lamun akan mengeluarkan serbuk sari (pollen) yang akan diserbukkan dengan bantuan pergerakan air, meskipun lamun dari genus Enhalus harus muncul ke permukaan agar bisa melakukan penyerbukkan. Secara vegetatif, lamun akan membentuk tunas dari rhizome yang mereka bentuk.

     Seringkali orang dibuat bingung ketika membedakan lamun (seagrass) dengan rumput laut (alga/seaweed). Rumput laut adalah sejenis tumbuhan yang lebih primitif daripada lamun. Rumput laut tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati seperti lamun. Akar sederhana yang dimiliki rumput laut hanya berfungsi untuk menempel pada substrat, sementara akar lamun selain berfungsi untuk menempel pada substrat, juga berfungsi untuk menyerap nutrisi. Lamun dan rumput laut sama -sama memiliki kemampuan untuk berfotosintesis, hanya saja kemampuan fotosintesis lamun hanya terbatas pada daunnya yang hijau, sementara rumput laut bisa berfotosintesis menggunakan seluruh tubuhnya. Selain itu, jaringan dalam tumbuhan lamun lebih kompleks daripada rumput laut, lamun melakukan transport nutrisi di dalam tubuhnya melalui jaringan aerenkim dan lakuna yang berfungsi seperti pembuluh darah, sementara rumput laut hanya melakukan transport nutrisi melalui difusi tanpa bantuan organ khusus. 

Lamun seringkali disalahartikan sebagai rumput laut
-simpleclimate.files.wordpress.com-
     Terdapat sekitar dua belas genera yang terdiri dari 58 spesies lamun yang ditemukan hingga saat ini. Dari ke-58 spesies yang hidup, perairan Indonesia memiliki sekitar dua belas jenis yang tumbuh di perairannya. Dua belas jenis lamun ini terbagi menjadi dua famili besar, yakni famili Cymodoceaceae (Potamogetonaceae) yang tediri dari genus Halodule, Cymodocea, Syringodium, dan Thalassodendron; dan famili Hydrocharitaceae yang terdiri dari genus Enhalus, Halophila, dan Thalassia. Penjelasan singkat mengenai dua belas jenis lamun tersebut akan dibahas si bawah ini :

1. Syringodium isoetifolium : Daunnya silindris

-www.safari-afrika.de-
     Lamun jenis ini memiliki daun yang pendek sekitar 5 - 10 cm, meskipun ditemukan pula daun yang tumbuh hingga sepanjang 50 cm. Daun dari lamun ini berbea dari yang lain, karena bentuknya yang silindris menyerupai mie, sehingga dalam Bahasa Inggris seringkali disebut sebagai Noodle Seagrass. Lamun ini memiliki sekitar 2 - 3 helai daun dalam satu batang. Lamun ini memiliki perbungaan yang kompleks, dimana bunganya tumbuh dari cabang - cabang utama. Buah dari tanaman ini menyerupai biji kacang yang kecil dan keras. Lamun dari jenis ini dapat dijumpai di hampir semua perairan dangkal yang tenang di seluruh Indonesia

2.  Thalassodendron ciliatum : Menyerupai kipas

-www.fobi.web.id/-
     Lamun ini memiliki batang yang panjang dengan sekitar 5 helai daun yang tumbuh dalam satu batang. Daunnya memiliki panjang dari 10 - 15 cm, dengan lebar 6 - 13 mm dengan tepian daun yang bergerigi. Lamun ini dapat hidup di perairan dekat pesisir hingga kedalaman 17 meter, selama itu masih bisa ditembus oleh sinar matahari. Lamun dari jenis ini kebanyakan tumbuh di dasar laut yang didominasi oleh pasir. Dalam Bahasa Inggris, Lamun ini disebut dengan Sickle-leaved Cymodocea. Lamun dari jenis ini dapat dijumpai di hampir semua perairan dangkal di seluruh Indonesia

3. Cymodoca serrulata : Tepian daunnya bergerigi

-www.seagrasswatch.org-
     Lamun ini disebut dengan Serrated ribbon seagrass di dalam Bahasa Inggris karena tepian daunnya yang bergerigi. Lamun ini memiliki daun yang berbentuk seperti pita dengan ujung daun yang membulat. Lamun dari jenis ini memiliki rhizome yang tebal, sehingga lamun ini dapat hidup di dalam sedimen yang lebih halus seperti lumpur. Lamun ini seringkali ditemukan diantara kumpulan lamun dari jenis lain. Di Indonesia, Lamun ini tersebar di perairan Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

4. Cymodocea rotundata : Saudara Cymodocea  yang berdaun halus
-www.seagrassrecovery.com-
     Lamun ini berkerabat dekat dengan Cymodocea serrulata dan memiliki ciri morfologis yangs serupa. Hanya saja tepian daun ini tidak bergerigi seperti halnya Cymodocea serrulata. Dalam Bahasa Inggris, Lamun ini disebut dengan Smooth ribbon seagrass. Lamun ini memiliki daun dengan panjang 7-15 cm, dengan lebar antara 0.5-1 cm. Lamun ini kebanyakan hidup di perairan pesisir yang akan terekspos ketika air surut. Lamun ini termasuk salah satu jenis lamun yang paling umum dijumpai diseluruh perairan Indonesia.

5. Halodule pinifolia : Tidak bisa hidup berdampingan dengan yang lain
-school.phc.edu.tw-
     Halodule pinifolia sepintas memiliki kemiripan dengan lamun Syringodium, namun jika dilihat dengan seksama, daun dari spesies ini cenderung pipih dan tidak silindris. Lamun ini memiliki daun yang panjang antara 5-20 cm, dengan lebar sekitar 0.6-1.2 mm dengan ujung daun yang tumpul dan bergerigi. Lamun ini membentuk padang lamun yang homogen, karena lamun ini tidak bisa berkompetisis dengan lamun jenis lainnya. Lamun yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Needle seagrass ini mendiami wilayah intertidal dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

6. Halodule uninervis : Ujung daunnya bertanduk tiga
-cdn1.arkive.org-
     Lamun ini juga memiliki kekerabatan dengan lamun Halodule pinifolia. Karaktersitik yang membuat lamun ini berbeda dengan yang lain adalah ujung daunnya yang memiliki tiga ujung. Lamun ini dikenal mampu mentoleransi keadaan ekstrim sekalipun. Lamun ini dapat tumbuh pada rentang salinitas 38-70 ppt dan suhu 10-39 derajat Celsius. Lamun ini juga dikenal mampu hidup hingga kedalaman 30 meter. Lamun yang juga disebut sebagai Needle seagrass  dalam Bahasa Inggris ini, mempunyai daun sepanjang 6-15 cm dan lebar sekitar 0.25-3.5 mm. Lamun ini dapat dijumpai di hampir seluruh perairan di Indonesia.

7. Thalassia hemprichii : Buahnya bisa mengapung
-faculty.washington.edu-
     Lamun dari jenis ini disebut sebagai Sickle seagrass dalam Bahasa Inggris. Lamun ini memiliki daun yang melengkung berbentuk seperti sabit (sickle), dengan anjang daun 10-40cm dan lebar 4-11mm. Lamun ini memiliki rhizome yang tebal dengan akar yang berambut halus. Satu yang unik dari lamun ini adalah jika kebanyakan lamun memiliki buah yang akan tenggelam ke dasar perairan, lamun ini memiliki buah yang justru dapat melayang dan mengapung di perairan, sehingga persebaran lamun ini juga difasilitasi oleh arus permukaan dan angin. Lamun ini tidak dapan mentoleransi keadaan yang tidak terendam dalam waktu yang lama, dan juga tidak dapat mentoleransi dengan baik adanya masukan air tawar ke dalam perairan. Di Indonesia, lamun jenis ini juga dapat dijumpai di perairan di seluruh Indonesia. 

8. Halophila spinulosa : Menyerupai tumbuhan paku
-upload.wikimedia.org-
     Mungkin lamun inilah yang memiliki nilai estetika paling tinggi diantara jenis lamun yang lainnya. Lamun yang disebut dengan Fern seagrass dalam Bahasa Inggris ini memiliki daun berbentuk oval yang tersusun sebanyak 10-20 pasang dari batangnya. Daun lamun jenis ini memiliki panjang sekitar 1-2.6 cm dan lebar 2-5mm dengan tepian yang bergerigi. Lamun ini memiliki tingkat reproduksi yang paling tinggi, sehingga lamun jenis ini akan pulih dengan cepat ketika terkena kerusakan. Di Indonesia, Lamun ini dapat ditemukan di seluruh perairan di Dangkalan Sunda.

9. Halophila ovalis : Lamun pionir
-labradorpark.files.wordpress.com-
     Lamun yang disebut sebagai Paddle weed  dalam Bahasa Inggris ini memiliki daun yang berbentuk oval seperti dayung. Panjang daunnya sektar 1-7cm dan lebarnya 0.5-2mm. Lamun ini memiliki rhizome yang tipis, dengan hanya satu helai akar pada batangnya, sehingga lamun ini termasuk tumbuhan yang rapuh. Lamun ini termasuk ke dalam tumbuhan pionir, dimana tanaman ini dapat tumbuh di atas sedimen yang masih baru terbentuk, namun karena sistem perakarannya yang rapuh, spesies ini akan mengalami kesulitan untuk menstabilkan sedimen tersebut. Lamun yang umumnya tumbuh di perairan dengan kedalam kurang dari 12 meter ini dapat dijumpai di seluruh perairan Indonesia.

10. Halophila minor : Lamun berumah dua
-www.fobi.web.id-
     Lamun ini memiliki daun yang berbentuk oval yang serupa dengan lamun dari genus Halophila lainnya, hanya saja daun dari jenis ini memiliki ukuran yang terkecil, yakni dengan panjang 0.6-1.2 cm, dan lebar 4-12 mm. Lamun ini juga mendiami perairan dangkal yang kurang dari 7 meter, namun tumbuhan ini mampu hidup di berbagai substrat, mulai dari pasir, lumpur, hingga pecahan karang. Lamun jenis ini adalah tumbuhan yang bersifat dioceous (berumah dua) yang berarti bunga jantan dan betina berada pada organisme yang berbeda (seperti pohon salak). Lamun yang disebut Spoon seagrass  dalam Bahasa Inggris ini juga tersebar di perairan dangkal di seluruh Indonesia.

11. Halophila decipiens  : Penghuni perairan dalam
-calphotos.berkeley.edu-
     Lamun ini dalam Bahasa Inggris disebut dengan Paddle grass, sehingga penyebutannya seringkali tertukar dengan spesies Halophila ovalis (Paddle weed). Meski demikian, secara morfologis daun dari jenis ini terlihat lebih memanjang dengan ukuran panjang daun 1-2.5 cm dan lebar 3-6 mm. Daun dari spesies ini tumbuh berpasangan pada tiap cabangnya. Lamun dari jenis ini umumnya tumbuh di kedalaman 10-30 m, dan bahkan beberapa catatan menemukan lamun ini tumbuh hingga kedalaman 85 meter. Lamun ini juga dapat mentoleransi kadar salinitas yang tinggi dan intensitas cahaya matahari yang rendah. Di Indonesia, persebaran lamun ini terbatas di perairan Jawa dan Kalimantan.

12. Enhalus acoroides : Lamun yang paling unik
-www.fobi.web.id-
     Mungkin dari sekian banyak tumbuhan lamun, jenis ini yang memiliki karakteristik dan tingkah laku yang paling berbeda diantara yang lainnya. Lamun ini tergolong memiliki ukuran yang besar, yakni dnegan panjang daun 30-150cm dan lebar 1.25-1.75 cm. Lamun ini tumbuh di perairan yang memiliki kedalaman lebih dari empat meter. Batang dari lamun ini berkayu dan memiliki serabut menyerupai rambut yang sebenarnya adalah kumpulan daun yang telah mati atau layu. Akar dari lamun ini juga termasuk panjang, dengan panjang 10-20 cm dan lebar 3-5 mm. Lamun ini memiliki sistem reproduksi yang unik, ketika lamun lain akan melakukan penyerbukkan di dalam air, lamun ini akan melepaskan serbuk sarinya ke permukan air. Bunga dari lamun ini juga mengapung di perairan dan berbentuk seperti pecahan styrofoam. Lamun yang disebut dengan Tape seagrass dalam Bahasa Inggris ini dapat ditemui di hampir seluruh perairan di Indonesia.

Further Reading : 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa