Pantai Tamban : Sudut Malang Selatan yang Menawan

Suasana Pagi di Pantai Tamban
-SA-
    Pantai Tamban adalah suatu pantai lain yang berada di Malang Selatan. Secara administratif, pantai ini termasuk ke dalam Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Sendang Biru yang masih berada dalam lingkup desa yang sama dengan pantai ini. Pantai ini menghadap menuju Samudera Hindia, dengan ujung Pulau Sempu yang akan nampak di sebelah barat pantai ini. Pantai ini masih terlihat bersih dan sepi mengingat pantai ini memang kalah dikenal daripada Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa China. Meskipun pada beberapa waktu , pantai ini akan sangat ramai, terutama ketika ada kegiatan bersih desa atau penarian jaring beach seine dari pinggir laut.

Dinding Karang di Pantai Tamban
-SA-
      Pantai Tamban memilik nama dengan unsur sejarah yang kuat. Tamban sendiri berasal dari kata Bahasa Jawa "Tamba" yang bisa bermakna "Obat" ataupun "Penyembuh". Hal ini dikarenakan air yang berada di pantai ini pernah dijadikan "Tamba" bagi tiga orang kiai yang melakukan babat alas di daerah tersebut. Ketika dalam proses babat alas tersebut, ketiga orang kiai itu menderita kehausan yang luar biasa. Ketika mereka mencoba meminum air sungai yang berada di dekat pantai, mereka merasakan rasa pahit karena air sungai itu memang keruh dan kotor. Akhirnya, ketiga orang itu mencoba meminum air laut, dan anehnya air laut yang mereka minum tidak terasa asin dan mampu mengatasi rasa haus yang mereka rasakan.

Formasi Batuan di Bibir Pantai
-SA-
     Pantai ini membentang sekitar dua kilometer dari timur hingga ke barat yang memiliki panorama yang sangat menawan. Di sisi - sisi pantai terdapat tebing kapur khas Malang Selatan yang menjulang tinggi, disertai dengan rimbunyya pepohonan yang asri. Di beberapa sudut pantai juga terdapat bebatuan karang yang   bertebaran di bibir pantai. Pasir di pantai ini berwarna putih dan bersih. Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini cocok bagi anda yang senang dengan keindahan panorama pantai dan pesisir yang masih alami.

Ombak di Pantai yang Tenang
-SA-
     Di Pantai ini pun juga terdapat beberapa warung - warung penduduk yang menyeiakan makanan dan minuman, serta terdapat fasilitas kamar kecil bagi anda yang ingin membilas diri setelah bermain air. Memang, ombak di pantai ini akan tenang pada beberapa waktu, sehingga tergolong aman bagi anda yang ingin bermain air di pantai ini. Selain itu juga terdapat gereja di pantai ini, karena memang penduduk di Pantai Tamban yang mayoritas beragama Kristen. Bagi anda para pelancong, disini juga disediakan fasilitas memancing dan berkeliling menggunakan perahu nelayan. Ketika anda sudah puas bermain - main di pantai ini, sempatkan pula untuk membeli ikan di tempat penampungan ikan yang ada di pantai ini, siapa tahu anda akan pulang dengan membawa satu kantong plastik gurita ataupun ikan hiu ?.

Tamban at Dawn
-SA-
     Untuk mencapai pantai ini, anda tinggal mengambil rute Malang -Sendang Biru. Kira - kira lima kilometer sebelum pertiga sendang biru terdapat gapura di kiri jalan yang akan mengantarkan anda menuju pantai ini. Jalan menuju pantai ini dari gapura adalah jalanan desa yang menurun dan sudah beraspal, meskipun di beberapa tempat masih terdapat lubang dan cor semen. Perjalanan dari Malang menuju pantai ini kira-kira memakan waktu sekitar dua setengah jam.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"