Pantai Pelang : Eksotika yang Tersembunyi dari Keramaian

Sepintas Pantai Pelang
-SA-
     Selain mengunjungi Pantai Taman Kili - Kili, ketika berada di Trenggalek saya menyempatkan sedikit waktu untuk mengunjungi Pantai Pelang. Pantai Pelang terletak sekitar 3 km arah barat Pantai Taman Kili - Kili. Secara administratif, pantai ini masih masuk ke dalam wilayah yang sama dengan Pantai Taman Kili - Kili, yakni berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai yang masih alami ini memang memiliki suasana yang khas dengan adanya barisan perbukitan, hutan cemara laut, dan sungai kecil yang mengalir menuju lautnya. Belum lagi adanya pulau karang di tengah laut yang memecah laju ombak juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.


Pemandangan menuju Pantai Pelang
-SA-
     Sebelum saya melanjutkan cerita saya, jika anda belum pernah kesini, saya akan menjabarkan sedikit tentang jalan menuju tempat ini. Karena saya berangkat dari Malang, saya menempuh jalan Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek. Ketika sudah sampai di Trenggalek, anda tinggal mengikuti jalur arah Pacitan melalui Panggul. Jalan yang dilewati ketika menuju ke tempat ini memang memiliki kontur yang naik turun dan banyak belokan tajam. Selanjutnya, anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Pelang untuk mencapai pantai ini. Disepanjang jalan anda akan menemukan pemandangan desa dengan perbukitan kapurnya, sebuah landscape khas daerah Trenggalek-Pacitan.

Pulau karang didepan pantai
-SA-
     Tiket masuk menuju pantai ini terbilang cukup terjangkau, dengan membayar Rp. 7.500,- anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang cukup memadai, mulai dari warung - warung penjual makanan dan minuman, toilet, gazebo, kamar ganti, dan juga lapangan parkir. 

Jalan menuju Pantai Pelang
-SA-
     Setelah melewati loket masuk dan lapangan parkir, anda akan melewati jalan mengikuti arah sungai untuk sampai menuju pantai. Jalan menuju pantai ini tertata dengan bagus, dengan adanya bukit kapur yang kokoh di sisi kanan jalan, sungai yang tenang dan hutan cemara yang hijau di sisi kiri jalan membuka keunikan pantai ini, seolah memang sudah dipersiapkan untuk memberikan ucapan selamat datang kepada para wisatawan. 

Aliran sungai dan hutan cemara
-SA-

     Setelah kira - kira berjalan sekitar 500 meter, anda akan disambut dengan deburan ombak pantai selatan yang dinamis. Baik di sisi barat maupun di sisi timur pantai ini terdapat barisan tebing kapur yang seolah menjadi pelindung alami pantai ini.  Seperti yang saya katakan sebelumnya, di pantai ini terdapat pulau karang yang berada tepat di depan pantai yang memunculkan nilai eksotika tersendiri bagi rupa pantai ini. Pasir di pantai ini adalah campuran dari pasir hitam dan putih. Jika anda melewati aliran sungai, di sisi - sisi sungai akan terlihat campuran pasir yang memiliki pola seperti pada kain batik. 

Aliran sungai menuju laut
-SA-
     Namun sebagaimana Pantai Selatan Jawa pada umumnya, Pantai pelang juga memilik ombak yang tergolong besar, sehingga para wisatawan tidak bisa bermain air di pantai ini. Bahkan di sebelah barat terdapat tulisan besar di batu karang yang melarang para pengunjung untuk mandi di laut.  Bagi anda para penikmat keindahan, pantai yang satu ini saya sarankan untuk ada di dalam daftar kunjungan liburan anda.

Foto Lainnya :
Daerah muara sungai
-SA-

Di depan hutan cemara
-SA-

Beachfront
-SA
-
Tebing kapur
-SA-


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa