Jalan Berliku Menuju Pantai Sine

Sepintas Pantai Sine
-SA- 
     Pantai Sidem bukan menjadi satu - satunya pantai yang saya kunjungi ketika berada di Tulungagung. Ketika berada di sini, saya juga menyempatkan untuk 'menyambangi' pantai lain yang tidak kalah bagusnya dengan pantai lain yang ada di Kabupaten Tulungagung, yakni Pantai Sine. Pantai ini terletak sekitar 30an kilometer dari pusat Kota Tulungagung menuju ke arah selatan, tepatnya berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir.

Area paving di tepi Pantai Sine
-SA-
    Kesan pertama saat saya sampai di pantai ini, adalah pantai ini memiliki suasana yang mirip dengan Pantai Tamban di Malang Selatan. Pantai ini adalah teluk dengan garis pantai yang cukup panjang, dan memiliki pasir berwarna putih. Selain itu, pantai ini juga bersuasana perbukitan, tipikal pantai - pantai di selatan Pulau Jawa. Ombak di pantai ini juga cukup tenang, namun dapat menjadi besar di beberapa waktu. Kemiripan suasana dengan Pantai Tamban di pantai ini bertambah dengan adanya perahu nelayan yang sedang 'diparkir' di lepas pantai. 
Pantai Sine dikelilingi perbukitan yang hijau
-SA-
     Pantai ini cukup luas bagi anda yang hobi berjalan - jalan di pinggir pantai. Di pantai ini juga terdapat area paving yang biasa digunakan sebagai tempat parkir kendaraan bermotor, gazebo besar sebagai tempat untuk beristirahat setelah seharian berjalan- jalan di tepi pantai, dan juga kamar mandi yang ada berdekatan dengan gazebo tersebut. Hanya saja, yang kurang di pantai ini adalah warung yang menjual makanan, sehingga saya sarankan agar anda membawa bekal ketika berwisata menuju pantai ini. 

Perahu nelayan yang diparkir di lepas pantai
-SA-
     Pantai ini juga berada persis di sebelah desa nelayan. Berbeda dengan Pantai Sidem yang nelayannya menggunakan jaring tarik yang ditarik dari bibir pantai, nelayan di Pantai Sine menggunakan jaring yang digunakan di lepas pantai menggunakan perahu. Ketika pagi hari, anda mungkin akan melihat nelayan yang sedang menurunkan hasil tangkapan, dan ketika saya berada di sana, saya menemui beberapa orang nelayan yang sedang memotong - motong hasil tangkapan mereka berupa ikan pari dengan ukuran lebar kira - kira 70 cm. 
  
Hutan cemara udang di Pantai Sine
-SA-
     Di ujung pantai ini terdapat muara sungai dan hutan cemara udang. Cemara udang di kawasan ini memang sengaja ditanam oleh penduduk sekitar untuk tujuan rehabilitasi. Selain itu, di bantaran sungai tersebut juga terlihat beberapa pokok pohon mangrove yang liar. Ketika air laut sedang surut dan debit sungai kecil, anda bisa menyeberangi sungai ini untuk mencapai daerah diseberangnya, dimana terdapat tebing karang yang tinggi yang dapat anda gunaka sebagai background anda ketika berfoto.

Pantai Sine dari atas bukit
-SA-
     Jalan menuju Pantai Sine dapat dibilang mudah, dari pusat Kota Tulungagung, anda tinggal mengikuti Jalur Selatan menuju ke arah timur hingga sampai di pertiga yang memiliki papan penunjuk arah Pantai Sine. Dari sini, anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah tersebut untuk mencapai pantai ini. Jalan menuju pantai ini sudah beraspal dengan bagus, sehingga anda tidak perlu khawatir ketika menuju pantai ini ketika mengendarai motor. Disepanjang jalan, anda juga akan disuguhi oleh pemandangan perbukitan yang hijau, dan sekitar setengah perjalanan, anda dapat melihat Pantai Sine dari kejauhan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Stonefish : Ikan Paling Beracun yang Pernah Ada

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa

Kenali Jenis - Jenis Ikan yang Juga Memiliki Perilaku "Mudik"