Pantai Jolangkung : Tak Seseram Namanya

Potret pantai Jolangkung
-SA-
         Apa yang terlintas di dalam benak anda ketika mendengar nama "Jolangkung" ?. Mungkin sebagian dari anda akan teringat pada sosok makhluk yang sering muncul di film-film horror bukan ?. Namun disini kita tidak akan membicarakan suatu hal yang mistis, melainkan kita akan membicarakan satu dari sekian banyak pesona di Malang Raya yang mungkin belum banyak diketahui keberadaannya.

     Pantai Jolangkung sendiri memperoleh namanya dari bahasa setempat Jo-langkung yang berarti "Jangan dilewati". Diberi nama demikian karena konon ombak dari pantai ini sangat besar hingga mencapai jalan raya, sehingga bisa membahayakan siapapun yang melewati jalan raya tersebut. Dulu, masyarakat yang ingin melintas di jalan tersebut harus menunggu waktu ketika ombak mulai reda. Memang, hingga saat ini ombak besar di pantai tersebut masih cukup berbahaya, sehingga dipasang tanda larangan untuk bermain air di pantai tersebut.

     Namun siapa tahu, dibalik namanya yang terkesan sangar tersimpan suatu keindahan yang tidak dapat dijmpai di tempat lainnya. Ketika anda melintasi jalan raya dan menoleh ke arah laut, anda akan disambut dengan bukit-bukit yang berjajar menghadap laut yang biru. Bukan hanya itu, ketika anda melangkahkan kaki mendekati pantai, anda akan disambut oleh barisan batu karang di bibir pantai yang memanjang hingga + 500 m. Barisan batu karang tersebut mampu  mengubah gemuruh ombak yang menderu menjadi tumpahan riak - riak air yang tenang, sehingga mampu menjadi daya tarik khusus  yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya.

Suasana pantai yang masih lengang
-SA-
     Akses menuju pantai ini juga dibilang mudah, karena letaknya yang tidak jauh dari Jalur Lingkar Selatan (JLS) dan hanya berjarak sekitar dua kilometer dari pantai Bajul Mati. Meski demikian, pantai ini masih sepi jika dibandingkan pantai-pantai di sebelahnya seperti Pantai Ungapan, Bajul Mati, dan Goa China. Mungkin  karena terbatasnya informasi dan minimnya fasilitas yang dibangun di pantai ini. Padahal, keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai - pantai lain yang terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat luas. 

Comments

Popular posts from this blog

Moorish Idol : Populer di Kalangan Hobiis

Jenis Ikan di Indonesia yang Dilindungi

Bagaimana Cara Burung Laut Memperoleh Makanan ?