2017 World Oceans Day Is Here!



     World Oceans Day, atau Hari Laut Sedunia merupakan suatu hari yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya keberadaan lautan dan segala hal yang dikandungnya. Hari Laut Sedunia yang diperingati tiap 8 Juni ini merupakan bentuk komunitas global untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas terhadap tantangan terkini yang dialami oleh lautan kita. Event ini mengangkat tema yang berbeda - beda tiap tahunya dan dengan mengangkat isu - isu akan permasalahan yang sama - sama dihadapi oleh masyarakat global belakangan ini. Tahun ini, World Oceans Day mengangkat tema "Our Oceans, Our Future" atau disetarakan dengan "Laut Kita, Masa Depan Kita" dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, kegiatan konservasi yang difokuskan tahun ini adalah bagaimana mengatasi masalah limbah sampah yang terbuang ke lautan yang memang belakangan ini menjadi perhatian khusus dari berbagai organisasi global yang concern terhadap permasalahan laut.

     Sebelum saya melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita ketahui mengapa Hari Laut Sedunia diperingati. Alasan yang paling mungkin adalah bahwa lautan adalah salah satu elemen terpenting dan tak terpisahkan di dalam kehidupan umat manusia. Baik mereka yang hidup di pesisir, maupun pegunungan, mereka membutuhkan laut, baik secara langsung maupun tak langsung, mengingat porsi luas permukaan bumi yang ditutupi oleh laut juga lebih luas daripada yang ditutupi oleh daratan. Sehingga, peringatan ini menjadi salah satu cara kita unuk menghormati, melindungi, dan mempertahankan keberadan dan kelestarian lingkungan laut disekitar kita. 

     Berikut adalah beberapa alasan yang menunjukkan bahwa laut memiliki peran yang penting di dalam kelangsungan hidup umat manusia. 
  1. Laut menyediakan oksigen bagi kehidupan di dunia. Mungkin terlepas dari benak kita bahwa laut juga berperan di dalam menyumbang oksigen yang kita hirup diudara. Benar, tidak hanya ekosistem hutan yang berada di darat saja yang bisa menghasilkan oksigen. Lingkungan laut juga mempunyai ekosistem rumput laut, lamun, mangrove sebagai ekosistem makro yang menyumbang "gas kehidupan" tersebut ke dalam atmosfer. Sementara dalam skala yang lebih kecil, triliunan fitoplankton di dalam perairan pun juga menyuntikkan gas oksigen yang tak terhingga jumlahnya sehingga mampu menopang kehidupan makhluk lain yang ada disekitar mereka.
  2. Laut menyediakan ekosistem yang beragam dan menjadi tempat tinggal dari jutaan spesies akuatik. Kita tahu bahwa di dalam lautan yang sehat, kehidupan biota - biota di dalamnya dapat berkembang dengan baik. Lingkungan laut yang sehat mempu menyokong pertumbuhan dan perkembangan ikan -ikan kecil menjadi ikan - ikan besar. Dan tebak, kemana larinya ikan - ikan besar itu ?. Ya... Sebagian besar dari ikan - ikan besar itu berakhir di dapur rumah kita. Baik anda yang hidup di pesisir maupun pegunungan pernah memakan ikan bukan ?. Ikan Tuna, Mackarel, dan Sarden kalengan yang dijual di supermarket dan pasar itu darimana asalnya ?.  Dari laut bukan ?...
  3. Laut menjaga iklim global. Kawasan perairan laut mampu menyimpan emisi karbon yang lebih banyak daripada daratan, sehingga keberadaan lautan juga memiliki peran penting di dalam menjaga "sehat - tidaknya" iklim global. 
  4. Laut menyediakan potensi pengobatan di masa yang akan datang. Lautan, tanpa kita ketahui menjadi "kotak harta karun" bagi dunia medis. Lautan menyimpan berbagai macam biota yang memiliki bahan aktif yang dapat dikembangkan untuk menjadi obat dari berbagai macam penyakit yang ringan dan bahkan belum ditemukan obatnya hingga sekarang. Setiap tahunnya, penelitian demi penelitian  terus dikembangkan untuk menguak potensi dan menguji bahan aktif yang dikandung oleh lautan untuk kebaikan kita bersama.
  5. Terakhir, dari mana datangnya "The Old Man and The Sea" milik Ernest Hemingway, "On The Sea"-nya John Keats, hingga "Sand and Foam" Khalil Gibran ?. Laut telah menjadi inspirasi bagi para sastrawan, pelukis, sutradara, dan seniman - seniman dari masa ke masa. Sederhananya, laut memberikan kita inspirasi yang tak terhingga.
      Nampak jelas kini bahwa lautan menjadi salah satu elemen yang memiliki arti penting di dalam kehidupan kita. Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi terhadap kelestariannya ?. Langkah - langkah berikut ini mungkin dapat anda lakukan untuk terlibat di dalam perayaan ini. 
  1. Sebarkan kabar mengenai lingkungan laut kepada orang - orang terdekat anda. Entah melalui pengalaman anda bisa bercerita secara langsung, atau melalui tulisan - tulisan anda, melalui foto - foto anda, kini sudah waktunya bagi anda untuk membagikan apa pentingnya lautan kepada semua orang dan juga bagaimana cara menjaganya. Karena kelestariannya sangatlah bermakna bagi generasi kita dan genersari yang selanjutnya.
  2. Pelajari seluk beluk lautan kita. Baik mereka yang sedang menjalani program sarjana di bidang kelautan maupun tidak, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajari lautan. Kita semua bisa mengenali dan menjelajahi kekayaan, keragaman, dan keindahan lautan dan segala yang ada di dalamnya, juga mempelajari bagaimana kegiatan - kegiatan manusia mampu mempengaruhi kelanjutan hidup mereka, dan terutama bagaimana koneksi kita terhadap lautan. Buku - buku, film - film dokumenter, bahkan media massa sudah tidak kurang - kurang untuk meng-endorse lautan kita, maka sudah waktunya kita kenali lebih jauh laut kita untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkannya.
  3. Ubah kebiasaan hidup kita. Kita semua terkoneksi, hal - hal kecil yang luput dari perhatian kita seringkali memberikan dampak besar bagi kehidupan lautan. Kemana perginya sampah yang kita buang ?, kemana tenggelamnya emisi karbon dari kendaraan bermotor kita ?. Apakah ikan yang kita konsumsi ditangkap secara ramah lingkungan ?. Sudahkan kita menerapkan etika wisata ketika kita pelesir ke lautan ?. Libatkan saudara, teman, komunitas, dan orang - orang disekitarmu untuk memulainya, lakukan aksi - aksi kecil untuk menjaga dan melindungi lautan kita. Kurangi output sampah kita dengan mengelola kebutuhan konsumsi kita. Jangan membeli sesuatu lebih dari yang kita butuhkan kawan :). Selain itu, kegiatan bersih pantai, penanaman mangrove, transplantasi terumbu karang adalah beberapa hal besar yang dapat kita lakukan untuk kebaikan kita bersama.  
  4. Berpartisipasilah!. Overall, apa jadinya perayaan tanpa partisipasi kita semua ?. Segala kontribusi kecil yang kita lakukan sangatlah bergharga. Ambil sedikit waktu untuk memikirkan bagaimana laut mempengaruhi kita, dan bagaimana kita mempengaruhi lautan. Bergabunglah dengan kegiatan - kegiatan disekitarmu untuk berkontribusi dan ikut menyemarakkan Hari Laut Sedunia!.
Terakhir dari saya, laut adalah milik kita bersama, dan sudah seharusnya bersama pula kita merawat dan menjaganya dari ancaman - ancaman yang berpotensi untuk merusak kedamaiannya.

-Mangasah Mingising Budi
Memasuh Malaning Bumi
Hamemayu Hayuning Bawana-
~Pepatah Jawa Kuna

Comments

  1. KHUSUS MALAM NATALAN Dapatkan CHIP GRATIS
    Ayo buruan daftar kan akun anda hanya di
    www. murnipoker .net

    www. aslimenang .com

    Segera hub :
    WA : +62823-8449-7778
    MICHAT : murnipoker
    LINE : murnipoker
    intragram : murnipoker
    twitter : @Murni_Poker
    facebook : murnip0ker

    Tunggu Apalagi?Maenkan Segera & MENANG KAN BERSAMA MURNI POKER!!
    Ajak Teman Anda Bergabung DI MURNI POKER!!
    SALAM MURNI POKER:)

    FREE CHIP (Syarat dan ketentuan berlaku)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transplantasi Terumbu Karang : Sebuah Jalan untuk Melestarikan Keberadaan Terumbu Karang

Cumi, Sotong, dan Gurita : Satu Keluarga Beda Rupa

Moorish Idol : Populer di Kalangan Hobiis